Sudah berapa kali kamu kelewatan travel fair? Sudah berapa kali kamu gak jadi beli tiket karena ragu, terus malah menyesal di akhir? Haha!

Tenang aja, kamu gak sendiri. Dan nggak perlu khawatir, karena akhir tahun makin dekat, akan banyak travel fair bermunculan. Termasuk Kompas Travel Fair yang diadakan tanggal 20-22 September di Jakarta Convention Center mendatang.

Nah, kalau kamu salah satu orang yang selalu menanti travel fair buat dapat harga terbaik ke destinasi impian, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa hal berikut agar perburuan tiket promo berjalan mulus.

1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum datang

Paling tidak, kamu sudah tahu mau pergi ke mana. Jangan cuma asal datang terus cari yang paling murah! Catat juga jadwal kamu, tanggal berapa yang kamu bisa pergi ataupun tak bisa pergi.

Cek media sosial, group-group backpacker, dan juga bank yang menjadi rekanan dalam penyelenggaraan travel fair tersebut. Seperti di Kompas Travel Fair 2019 yang akan diadakan tanggal 20-22 September ini, kamu disarankan untuk registrasi online dulu di bit.ly/DAFTAR-KTF agar bisa dapat QR code. 

QR code ini ternyata bisa jadi akses masuk gratis dan dapat kesempatan untuk ditukar dengan gelang cashback! Antrian gelang cashback dibuka setiap hari jam 9 pagi di Lobby Hall B, JCC Senayan. Registrasi online dibuka sampai tanggal 18 september, jadi jangan sampai kelewatan gaess!

Kamu juga bisa cari informasi promo travel fair tersebut lewat situs resmi maskapai penerbangan dan agen perjalanan yang berpartisipasi dalam pameran wisata.

2. Siapkan kartu kredit dan debit bank rekanan travel fair

Untuk dapat harga terbaik di travel fair, cari tahu bank apa saja yang menjadi partner travel fair tersebut. 

Buat kamu yang memiliki banyak kartu ATM atau kredit, tentunya ajang travel fair akan sangat menguntungkan. Karena biasanya, bank yang bekerjasama dengan penyelenggara travel fair maupun maskapai akan memberikan diskon tambahan jika kamu melakukan pembayaran dengan bank tersebut.

Di Kompas Travel Fair 2019, satu-satunya bank rekanannya adalah CIMB Niaga. Jadi kalau kamu sudah mendaftarkan kartu kredit atau debit CIMB Niaga kamu yang akan digunakan transaksi, akan ada banyak kesempatan untuk mendapat cashback hingga 1.75 juta ataupun keuntungan lainnya seperti cicilan 0% hingga 12 bulan! Cek detail programnya di bit.ly/INFO-KTF!

Pastikan limit kartu kredit kamu masih mencukupi yah. Kan gak lucu kalau kamu udah sampai di kasir terus tiba-tiba gak bisa transaksi karena limit kurang. Zonk abis haha! Usahakan untuk mempersiapkan semuanya dengan matang, ya!

3. Booking terlebih dahulu di travel agent

Biasanya beberapa travel agent membuka kesempatan untuk booking duluan.

Tentunya kamu harus sudah tahu mau ke mana dan kapan waktu kamu akan pergi liburan. Dengan itu, kamu tak perlu pusing saat di travel fair untuk mengantri terlalu panjang. 

Jadi kamu tinggal kasih bukti booking, datang ke travel fair, dan bayar deh!

4. Datang di hari pertama

Bulan november kalau ke Jepang daunnya warna-warni gini gaess 

Coba deh datang di hari pertama saat travel fair buka. Biasanya sih hari jumat dan masih sepi banget. Coba izin ke kantor sebentar, atau cuti sekalian haha! Dan yang paling penting, jatah promo yang diberikan pasti masih banyak.

Karena biasanya nih ya, rute penerbangan populer dan termurah bakal jadi banyak incaran. Jadi bisa saja stok kursi promo habis kalau kita datang di hari terakhir.

Apalagi kalau incaran kamu itu seperti Jepang atau Korea. Duh siap-siap aja cari plan tanggal cadangan jika tanggal yang kamu inginkan itu nggak available.

5. Datang bersama teman atau pasangan

Datang bersama teman, pasangan, ataupun mantan (tidak direkomendasikan) juga bisa menjadi pilihan untuk mengunjungi pameran wisata. Karena kamu bisa berbagi tugas untuk mencari informasi wisata yang dibutuhkan. 

Misalnya kamu bisa bagi tugas untuk mencari brosur, membandingkan harga, membandingkan travel agent, hingga untuk mempercepat antrian.

6. Tentukan destinasi terlebih dahulu

Jewel, Bandara Changi, Singapura

Jangan jadi lapar mata karena melihat tiket yang murah tapi bukan keinginan kalian. Misalnya kalian ingin ke Jepang, lalu melihat tiket ke Korea kok lebih murah. Jangan tergoda! Apalagi kadang sales dari travel agent ini pintar banget meggoda kita ~

Kalian harus teguhkan niat buat betul-betul ke tempat yang kalian inginkan. Ya bisa saja sih kalau mau beli dua-duanya, asal jangan lupa kamu masih punya tagihan lain bulan depan yah haha!

7. Tentukan agen perjalanan

Ada baiknya, tentukan dulu agen perjalanan mana yang akan kamu datangi dan ketahui detail rekam jejak agen perjalanan tersebut. Anda bisa googling di internet dan bertanya ke teman untuk mendapatkan rekomendasi.

Walaupun biasanya harganya hampir sama di semua travel agent saat travel fair begini, ada beberapa travel agent yang menawarkan beberapa gimmick atau bonus tambahan kalau beli di mereka. 

Misalnya saja pernah ada travel agent yang memberikan diskon untuk JR pass kalau kamu membeli tiket ke Jepang di travel agent tersebut.

8. Cari kenalan ‘orang dalam’

Nah, coba lakukan interaksi lebih dari sekadar berkonsultasi mengenai pembelian dengan para staff travel agent, maskapai, atau bank rekanan. Kamu bisa berkenalan dan meminta nomor telepon penjual atau email yang Anda ajak transaksi.

Simpanlah kontaknya dan mintalah ia untuk menghubungi kamu  jika ada pameran lainnya, tentunya berikut bocoran harga-harga promosi yang dijual di pameran wisata mendatang tersebut! 

Nah gituuu, gampang banget kan! Sampai ketemu di Kompas Travel Fair 2019 yah!

1 COMMENT

  1. Makasih, Mas Wira untuk tips dan triknya. Harus segera daftar nih. Btw, masih belum paham yang travel agent, soalnya saya tujuannya mau cari tiket aja. Apakah di sana harus lewat travel agent juga?

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')