starbucks?

Ini betul-betul pesawat sungguhan. Boeing 787. Bukan replika maupun diecast. Mesin rolly royce trent 1000 masih terpasang di masing-masing sayapnya!

Pesawat yang punya codename “dreamliner” ini parkir di sebuah hangar dekat bandara chubu centrair di Nagoya. Tapi, kenapa ada starbucks di sini? Sebentar-sebentar, kok ada toko oleh-oleh segala?

look at those mighty rolls royce!

Jadi ceritanya, tempat ini bernama flight of dreams. Sebuah theme park di Bandara Nagoya tempat kamu bisa melihat boeing 787 yang pertama kali dibuat (prototipe).

Bandara kota Nagoya di prefektur Aichi ini punya nama lengkap Chubu Centrair International Airport. Biasa disebut sebagai centrair.

787

Hanya 5 menit berjalan kaki keluar dari terminal kedatangan, kamu bisa mengunjungi “food court” yang bernama Seattle Terrace ini. Seattle adalah kota tempat pabrikan boeing di Amerika Serikat.

Selain ada starbucks dan restoran lainnya, di sini ada juga satu-satunya toko merchandise official boeing yang ada di luar US. Avgeek (me!!) will go nuts over this shop!

Ada juga flight park di tengah-tengah area pesawat. Sayangnya, flight park yang memakai teknologi proyeksi TeamLab ini tutup jam 5 sore. Jadi saya yang datang jam 10 malam ini tak bisa lihat apa-apa. Toko-toko sudah pada tutup dan hampir tak ada orang. Ada juga simulator 787 yang bisa kita coba, sayang sudah ikutan tutup. Next time kemari bakal ke sini lagi pokoknya!

Untungnya lampu belom dimatikan dan saya masih bisa berfoto dengan si dreamliner ini.

Romantis banget suasana di sini

Nagoya adalah salah satu kota industri di Jepang. Banyak pabrikan otomotif di sini. Banyak parts pesawat yang juga dibuat di Nagoya. Sebagian besar parts dari Boeing dibuat di Nagoya. Karena itu parts tersebut harus dikirimkan langsung dari Centrair ke Seattle dengan pesawat kargo 747.

Karena alasan itulah boeing menyumbangkan prototipe 787 ke centrair dengan paling pertama ini untuk dijadikan taman bertema aviasi ini.

FYI, saat ini Jepang sudah “diperbolehkan” membuat pesawat setelah lama absen semenjak Perang dunia. Mitsubishi Regional Jet (MRJ) nantinya akan siap bersaing dengan boeing dan airbus! Tentunya saya juga menunggu-nunggu pesawat R80 buatan Indonesia juga!

dreamliner

Skydeck di Centrair Airport

Centrair menurut saya adalah bandara paling avgeek friendly di dunia. Tak hanya flight of dreams, ada juga skydeck di rooftop bandara untuk plane spotting.

JAL atau ANA?

Skydeck ini luas sekali. Mungkin ukurannya bisa 2-3 kali lapangan bola! Bahkan bandara Narita dan Haneda di Tokyo tidak sebesar ini. Lebih asiknya, posisi skydeck tepat di tengah-tengah runway. Jadi ketika pesawat “rotate” kita bisa lihat dari jarak yang lumayan dekat!

Bahkan ada cafe di ujung skydeck ini. Bisa seharian nih foto-foto pesawat!

Skydeck bandara chubu yang luas
Parkiran sedang penuh

Ini adalah pesawat Garuda Indonesia GA884 dari Jakarta. Pesawat yang saya gunakan untuk terbang ke Nagoya. Yup betul, ini rute langsung dari Jakarta tanpa transit. Kebetulan dia sedang parkir remote dan di depannya ada pesawat Antonov 225 Mriya, pesawat terbesar di dunia! Ini adalah versi yang 4 mesin, sedikit lebih kecil daripada versi yang 6 mesin. Tapi tetap saja ini pemandangan langka!

Garuda Indonesia Jakarta ke Nagoya
Skydeck
737 japan airlines yang baru saja mendarat

Aeon Mall Tokoname dan Yakimono Sanpomichi (pottery walkway)

Aeon mall tokoname. Ada Maneki Neko Raksasa di pintu gerbangnya!

Di dekat bandara ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Bandara chubu centrair ini terletak di Tokoname City. Ada dua tempat menarik yang bisa dikunjungi yaitu Aeon Mall Tokoname dan Yakimono Sanpomichi.

Di Aeon mall kita bisa last minute shopping sebelum ke Bandara. Karena jaraknya hanya 10 menit saja berkendara, ada shuttle gratis juga kok dari Centair ke mall Aeon.

Ada banyak restaurant, food court, hingga prayer room buat muslim yang mau sholat. Oh iya di bandara juga ada prayer room kok. Yes, alhamdullilah banget yahh! Untuk restoran memang belum ada yang halal certified.

Ada kucing dengan pesan-pesan bijak di bawahnya
Nyan
Ada puluhan kucing dengan tema yang berbeda-beda
Tiap kucing punya wish masing-masing
tembikar yang harusnya jadi tutup tempat sake ini jadi hiasan yang insagram-able

Di sini juga ada Maneki Neko raksasa kedua di Aichi. Namanya si Tokonyan. Dia ada di pinggir jalan dan ada dua kocheng oren yang menemani haha!

Tokonyan!

Di post selanjutnya bakal ada tempat-tempat menarik di sekitaran Nagoya yaa!

Jam operasional: 
● FLIGHT PARK *Admission fee required
10:00 AM-5:00 PM (Last entrance at 4:30 PM)
10:00 AM-7:00 PM on Saturdays only (Last entrance at 6:30 PM)

Adults: 1,200 yen, children 800 yen
●Pre-sale tickets: For sale with specific dates on the official website
●Regular tickets: For sale at the entrance ticket counter of FLIGHT PARK
Access: Walk from Central Japan International Airport


● SEATTLE TERRACE *Free admission
Restaurants: 10:00 AM-10:00 PM
Retail stores: 10:00 AM-6:00 PM (Closing times of some stores may differ.)
Venue: FLIGHT OF DREAMS
Address:1-1 Centrair, Tokoname-shi, Aichi-ken


1 COMMENT

  1. Wah ini menarik sekali ,bang. Menikmati liburan di Nagoya sambil bisa menikmati makanan di food court dengan konsep yang tidak biasa. Apalagi bisa melihat pesawat yang juga asli bukan replika makin seru pasti liburannya yah,bang.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')