Review Fossil Gen 5 Smartwatch : Cantik, Responsif, dan Pintar!

0

Ketika berbicara smartwatch berbasis Android (Google Wear OS platform), saya akan langsung melirik ke Fossil. Karena brand ini punya ciri khas smartwatch yang terlihat klasik dan elegan. Cocok dipadu dengan gaya kamu yang fashionable ataupun instagramable. Harganya juga masuk akal.

Beberapa waktu lalu, Urban Icon Store mengumumkan peluncuran jam tangan pintar terbaru dari Fossil ini yaitu Gen 5 series. Seri smartwatch ini sudah dilengkai prosesor Snapdragon 3100, heart-rate sensor, GPS tracking, dan tentunya baterai yang tahan lama lebih lam.

Terlihat Ganteng

Kita tahu Fossil membuat banyak jam tangan yang fashionable. Jadi ketika mereka membuat smartwatch, banyak sekali kombinasi desain yang bisa kita sesuaikan dengan gaya masing-masing. Buat yang suka gaya sport, klasik, ataupun gaya kondangan sudah pasti ada jenis jam yang cocok.

Saya sendiri punya beberapa jam Fossil (bukan smartwatch) dan sangat suka dengan modelnya. Makanya saya ingin mencoba smartwatch yang juga buatan Fossil ini.

Dengan ukuran 44mm dan enam tipe warna, Fossil gen 5 series smartwatch memiliki pilihan mulai dari tali kulit sampai dengan stainless steel

Karena sudah punya beberapa jam tangan untuk formal dan semi formal, saya mencoba untuk mencari model yang agak sporty.

Layar AMOLED yang BULAT

Buat saya jam tangan itu harus bulat. Ini masalah selera aja sih. Tapi smartwatch lain entah mengapa tidak ada pilihan untuk bentuk bulat seperti smartwatch dari Fossil ini.

Layarnya terbuat dari panel AMOLED. Karakter di layar terlihat seperti tinta di atas kertas dan berkontras tinggi. Karena AMOLED, jadi bakal bisa banyak cara untuk optimize baterai sehingga jadi lebih hemat.

Navigasi dari layar ke layar lainnya juga tanpa jeda. Sangat lancar seperti kita bernavigasi dalam smartphone. User interface juga sangat mudah. Kita hanya perlu terbiasa dengan swipe 4 arah untuk mendapatkan fungsi tertentu.

Spesifikasi:

  • Stainless steel case, topring, and pushers
  • 44 mm case size
  • AMOLED 1.3’’ touchscreen digital display
  • Swimproof (up to 3 ATM)
  • 24+ hours battery life (based on usage) + multiple days in extended battery mode
  • Interchangeable straps and bracelets
  • Qualcomm® Snapdragon Wear™ 3100 Platform
  • Sensors: Heart Rate, NFC, GPS, Altimeter, Accelerometer, Gyroscope, Ambient  Light, Microphone
  • Powered with Wear OS by Google and compatible with iOS 10+ or Android 4.4+ (excluding Go edition)
  • Connect via Bluetooth® technology·  Wireless syncing + magnetic charging

Buat Tracking Olahraga

Alasan utama saya ingin mencoba smartwatch adalah fungsi tracking GPS saat berolahraga. Jadinya tidak perlu bawa-bawa smartphone yang ukurannya sekarang sudah seperti telenan itu. Jam tangan Fossil sudah dilengkapi GPS dan sensor denyut nadi. Jadi kita bisa mendapatkan data-data kesehatan dan olahraga kita.

Ada app google fit yang sudah terinstall dan siap digunakan. Namun untuk hasil maksimal, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi lain seperti Strava, Nike Run Club, atau aplikasi tracking fitness lainya.

Dibanding generasi sebelumnya, pengalaman tracking fitness (dan user interface secara general), Fossil gen 5 ini sangat baik dan responsive.

Bagaimana performa baterai dan charging?

Untuk charge Fossil gen 5 smartwatches tentunya menggunakan wireless charging. Wireless charging disc-nya hanya seukuran koin seribu rupiah yang menempel secara magenetis dengan bagian belakang jam. Klop banget jadi tidak akan lepas secara tak sengaja.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk charging dari nol sampai ke 60%. Untuk sampai 100% sekitar satu jam saja.

Ada beberpa presets baterai yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu Extended Battery Mode’, ‘Daily Mode’, ‘Custom Mode’ and ‘Time-Only Mode’. Kalau kita memilih Time-Only-mode baterai akan tahan beberapa hari tanpa perlu dicharge. Tapi buat apa kalau begitu pakai smartwatch dong? haha!

Google WearOS, masih perlu banyak penyempurnaan

Jika kamu menggunakan iphone, interaksi saat notifikasi datang di smartwatch lebih terbatas daripada jika kita menggunakan android. Bahkan hanya bisa melihat notifikasi saja tanpa bisa merespon.

Data dari Heart rate monitor juga menampilkan data yang terlalu simpel untuk kondisi fitness. Namun sebetulnya cukup saja sih. Fossil gen 5 juga bisa melihat sleeping pattern kita jadi kita bisa tahu kebiasaan tidur kita seperti apa dan apa saja yang bisa diimprove.

Kesimpulan

Saya baru memakai jam ini sekitar 3 minggu. Rasanya nyaman sekali dan sangat ringan digunakan. Rasanya seperti ekstensi dari smartphone kita dan beberapa fungsi seperti GPS tracking dan health tracking tentunya jauh lebih fungsional daripada smartphone.

Saya juga lebih bersemangat dalam beraktivitas, tak hanya lari tapi juga ada target jumlah langkah per hari yang coba saya capai. Real time tracking dari smartwatch fossil gen 5 ini betul-betul jadi motivasi.

Saya akan update lagi untuk long term impression-nya nanti ya.

Terima kasih!

Btw, kalian liburan akhir tahun ke mana? Jangan lupa cek Urban Icon Store buat promo akhir tahun yah! Siapa tahu bisa punya jam atau tas baru hihi!

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')