Ibukota prefektur Ishikawa ini sering disebut sebagai little kyoto.

Karena memang banyak sekali warisan tradisi Jepang yang berada di tempat yang terkenal sebagai produsen gold leaf di Jepang ini.

Mulai dari distrik samurai, rumah geisha, hingga kastil dan kebun tercantik Jepang masih berdiri tegak. Post kali ini bakal membawa kamu ke tempat-tempat yang bisa kamu datangi saat liburan di Kanazawa. Let’s gooo ikuzoo!

1. Higashi Chaya District

little kyoto?

Chaya punya arti toko teh. Tapi di zaman Edo, chaya berarti sebuah restaurant dengan ada geisha yang tampil di dalamnya.

Geisha adalah semacam penyanyi dan penari tradisonal jepang. Mereka bisa dikenali dengan mudah karena memakai kimono dan makeup ala oshiroi.

Banyak miskonsepsi bahwa Geisha adalah pekerja seks. Padahal mereka adalah seniman kelas tinggi yang membutuhkan latihan bertahun-tahun untuk menjadi seorang Geisha profesional.

Di Highashi Chaya kamu bisa mengunjungi beberapa chaya. Salah satunya adalah Shima Teahouse yang dulunya adalah tempat geisha tampil, namun sekarang sudah diubah jadi museum geisha. Semua alat yang digunakan geisha ada di sini. Mulai dari make up hingga alat untuk tea ceremony bisa kamu lihat dan pelajari.

Karena Ishikawa terkenal dengan daun emasnya, di sini juga ada toko yang memang menjual kerajinan dari daun emas atau gold leaf, misalnya di Hakuza Gold Leaf store. Mereka bahkan punya satu ruangan yang berlapis daun emas!

Buat yang suka kuliner unik, bisa coba eskrim ataupun takoyaki yang dilapis daun emas. Gold leaf yang digunakan memang bisa dimakan kok, gak usah khawatir.

esgrim rasa soysauce

Eskrim rasa kecap asin (soy sauce) mungkin terdengar aneh. Tapi ternyata rasanya malah bikin manis susu dari eskrim jadi balance. Jadinya bisa makan banyak begitu.

Selain takoyaki, eskrim di Ishikawa juga biasanya dilapisi gold leaf. Sebetulnya, tak ada khasiat khusus dari si kertas emas ini, selain terlihat fancy. Kapan lagi makan emas kan? HAHA

2. Omicho Market

Omicho Market

Dari zaman Edo pasar ini ini sudah ada. Seperti layaknya pasar tradisional di Jepang, kita bisa temui banyak makanan laut di sini. 

Ratusan toko yang menjual hasil laut, restoran, baju, alat dapur, dan apa saja bisa kamu temui di pasar sini.

makan sea urchin (bulu babi)

Pagi hari adalah waktu paling pas untuk mengunjungi Omicho. Banyak streetfood dan restoran yang bisa dicoba.  Saya memesan semangkuk sashimi bowl untuk menu sarapan saya pagi itu.

Lokasinya yang dekat dengan stasiun JR Kanazawa membuatnya jadi sangat ramai!

sashimi bowl!

3. Kenrokuen Garden

Kenroku-en di Kanazawa, Koraku-en di Okayama, dan Kairaku-en di Mito adalah tiga kebun tercantik di Jepang (Three Great Gardens of Japan) atau sanmeien. Orang jepang menanggap kebun ini sebagai simbol dari keindahan salju, bulan dan bunga.

kenroku-en pada musim panas

Kebun-kebun ini aslinya sebagai tempat relaksasi kaum upper class jepang zaman dulu. Atau sebagai taman privat kerajaan. Namun sekarang tentunya jadi taman publik yang bisa diakses siapa saja dengan gratis.

Tiap musim Kenroku-en punya pemandangan yang beda dan semuanya cantik! Bunga sakura? Checked. Daun warna-warni berguguran? Checked. Salju plus lampu-lampu winter illumination? Checked!

4. Kanazawa Castle

Kastil ini sudah ada sejak tahun 1538. Beberapa kali terbakar dan dibangun kembali. Beberapa bangunan sudah di restorasi, namun kastil utamanya tidak dibangun kembali.

Maka dari itu, saya menyarankan untuk mampir ke area taman dari kastil ini dan menuju ke Gyokusen Rest House untuk mampir dan mengikuti upacara minum teh.

Tenang, tenang, bukan upacara yang gimana-gimana kok. Gak akan ada panas-panasan di lapangan haha. Upacara ini diadakan memang untuk menikmati prosesi meminum teh. Teh yang digunakan biasanya dari bubuk matcha yang cukup pekat, pahit sekali. Jadi bakal ada kue kecil manis untuk menemaninya.

tea ceremony
teh hijau dan manisan

5. Rumah Samurai Nomura Clan

Rumah samurai dan kastil-kastil tentu sebagian besar hancur karena perang. Namun ada beberap yang masih tersisa seperti rumah samurai dari klan Nomura ini.

Arsitekturnya sangat Edo, tradisional Jepang. Taman kecil ala jepang yang bernuasa zen dan sangat cantik ada di tengah rumah. Di pintu masuk ada baju samurai asli yang nampak sangat antik, dan agak membuat merinding…

Di dalam juga ada beberapa ruangan tatami untuk menyambut tamu, tentunya tempat tamu akan berbeda tergantun kelasnya. Jika tamu kehormatan, pasti akan dijamu di ruang utama yang luas dan banyak lukisan cantik.

Kalau berjalan-jalan di daerah sini atau higashi chaya, saran saya adalah menyewa kimono untuk berfoto karena sangat cocok latar belakangnya. Saya menyewanya di rental bernama kokoyui kimono rental di dekat stasiun kanazawa (mba di sini cantik-cantik banget haha!)

Ada ruangan tea ceremony juga di lantai 2
kanazawa station

2 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')