Hati siapa yang tak berdebar saat kali pertama pergi traveling keluar negeri? Perasaan membuncah. Senang dan takut bercampur jadi satu. Besok terbang, pasti malamnya gak bisa tidur, haha!

Nah, kali ini saya akan membahas beberapa tips persiapan saat mau traveling ke luar negeri. Mulai dari membuat paspor, membuat itinerary, tips pakai Kartu Debit Jenius BTPN biar traveling makin praktis, hingga tips biar kamu tetap aman di luar negeri.

Let’s go!

1. Sebelum beli tiket pesawat, cek semua kelengkapan dokumen paspor dan visa

Paspor ini adalah identitas kamu ketika di luar negeri. KTP, SIM, atau identitas lain tidak akan berlaku. Bahkan sebelum membeli tiket pesawat, kamu akan dimintai nomor paspor kamu.

Jadi, kalaupun belum ada rencana keluar negeri, coba deh buat paspor. Siapa tahu kan tiba-tiba kamu diajak umroh atau liburan ke eropa dadakan sama mantan kan?

Kalau visa, itu adalah izin masuk ke suatu negara. Biasanya ditempel di dalam paspor. Ada negara yang bebas visa, ada yang bisa visa on arrival, ada juga yang harus dibuat dulu di kedutaan masing-masing di Indonesia.

Gimana caranya negara ini butuh visa atau nggak? Gampang banget, kamu tinggal download aja aplikasi Safe Travel dari Kemenlu, kemudian masuk ke bagian “Cek Status Visa Negara Tujuan”.

Mostly untuk Asia Tenggara sih kita warga Indonesia bebas visa. Jadi buat kamu yang pertama kali mau ke luar negeri, cobain aja negara yang dekat seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan sekitarnya. Cukup bawa paspor saja sudah bisa masuk ke negara-negara itu.

Berikutnya, kamu bisa coba ke negara Asia yang lebih jauh seperti Jepang atau Korea (Jepang bebas visa buat yang e-paspor, jadi pastikan kamu buat e-paspor sekalian aja yah!). Lalu bisa lanjut ke Eropa, dan keliling dunia terserah kamu dan isi rekening kamu.

2. Tak perlu bawa terlalu banyak cash, cukup bawa Kartu Debit Jenius BTPN buat transaksi di luar negeri!

Nah buat yang tanya, “Kalau ke luar negeri perlu nukerin rupiah dulu ke mata uang negara tujuan gak sih?”

Kalau tips dari saya sih silakan saja, tapi tak usah terlalu banyak. Paling nggak cukup buat bayar transportasi dari bandara ke hotel dan makan sekali. Karena biasanya rate money changer agak tinggi, jadinya kita kurang cuan kan haha!

Selain itu, tinggal ambil aja uang di ATM pakai ​Kartu Debit Jenius​. Bisa mesin ATM bank apa aja asal ada logo visanya. Dan tentu saja, rate pasti lebih reasonable. Apalagi kalau kamu pakai fitur pilihan saldo mata uang asing Jenius. Pasti makin cuan deh!

Karena Kartu Debit Jenius bisa contactless, jadi kalau transaksi menggunakan mesin EDC yang punya fitur contactless tinggal tap aja, praktis! Bahkan di beberapa negara seperti Singapura atau US Kartu Debit Jenius ini sudah bisa untuk kartu akses masuk ke stasiun MRT! Tinggal tap aja di pintu masuk dan kita udah bisa naik kereta.

3. Buat Itinerary dan perkiraan budget

Karena kamu traveling ke negara lain yang notabene asing, jadi persiapkan segala sesuatunya. Mulai dari destinasi, penginapan, transportasi, tiket atraksi, dan segala macamnya. Jika bisa dibeli di Indonesia jauh lebih baik. Jadi kita bisa memperkirakan budget juga kan.

Misalnya kamu mau ke Jepang selama seminggu, gak perlu detail banget sih begini contoh plannya :

  • Pesawat berangkat Jakarta – Tokyo 
  • Pesawat Pulang Osaka – Jakarta
  • Tokyo – Osaka menggunakan kereta shikansen
  • Wishlist tempat di Tokyo ( Day 1 – Day 3) : Tokyo tower, asakusa, shibuya crossing, kawaguchiko, gunung fuji, akihabara, Tokyo Disneyland, tokyo station, Tsukiji Fish Market
  • Wishlist tempat di Osaka (Day 4 – 7) : Dotonburi, Arashiyama bamboo forest kyoto, Fushimi Inari, Osaka Aquarium.
  • Budget makan sekian rupiah dikali 3 dikali 7 hari
  • Dan tentunya budget untuk oleh-oleh!

Jangan lupa juga semua tiket dan voucher di print jaga-jaga kalau hape kamu tiba-tiba baterainya habis. Di beberapa negara biasanya imigrasi akan nanya kamu stay di mana dan diminta menujukan voucher hotel. Jadi kalau bisa lebih baik di cetak saja semuanya yeesss!

4. Bekali diri kamu dengan koneksi internet.

Untuk internet, ada beberapa negara bakal lebih murah kalau beli sim card lokal. Namun ada juga negara yang internetnya lebih murah kalau kamu sewa modem internet. Modem ini bisa dipakai rame-rame tentunya bisa di sewa dari Indonesia.

Menurut saya internet ini sangat penting kalau kamu ke luar negeri. Pertama, pasti kita butuh aplikasi maps biar gak nyasar. Biar kata kamu jadi traveler super sejati yang pengen get lost, tapi kalo nyasar terus kan jadi repot haha!

Kalau ada internet, kamu juga bisa tetap bertransaksi perbankan seperti biasa menggunakan aplikasi Jenius. Mau transfer ataupun bayar tagihan di luar negeri nggak masalah!

Dan yang paling penting, koneksi internet buat update instastory biar jadi titik-titik!

5. Pelajari Negara Tujuan

Sebelum beli tiket pesawat, mengurus visa, booking hotel, dan semua hal yang ada di atas, kamu harus tahu kondisi negara yang kamu tuju. Bagaimana caranya? Tentu saja kamu bisa baca berita yang terbaru terkait negara tersebut.

Tapi ada cara yang lebih mudah. Buka lagi aplikasi Safe Travel kita bisa lihat kondisi negara tersebut apakah aman dikunjungi atau tidak. Ada informasi detail per negara, berita, informasi visa, informasi kedubes, hingga tombol SOS jika kamu butuh bantuan dari kedubes Indonesia di negara yang kamu tuju.

Selamat liburan dengan aman dan nyaman!

2 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')