Traveling Gak Pake Ribet dengan Samsung J5 Dual SIM 4G

8
samsung j5 4g lte review
Koneksi super cepat 4G enak buat browsing. Jangan lupa subscribe di wiranurmansyah.com yah *promo*

Apa yang kamu lakukan pertama kali ketika mendarat di negeri orang?

Cari wifi gratisan di bandara? Ehehe. Pastinya ya? Saya tahu betul kok. Tapi, setelah itu?

Sebagai seorang so-called-traveler, yang katanya harus bisa posting foto-foto live sambil nge-tag location yang kadang mbaca namanya saja susah selama disana, tentunya saya harus beli sim card lokal dong. Biar hip gitu.

Anyway, mengganti sim card tidak masalah sama sekali. Tetapi yang menjadi masalah, kadang-kadang saat kita sudah kembali ke Indonesia dan ingin mengganti kembali SIM card kembali, beberapa kali terjadi pada saya yang ceroboh ini : SIM CARD NYA HILANG!

Kenapa sih orang harus menciptakan micro SIM dan nano SIM yang ukurannya kecil bagai upil itu? Tertiup angin sedikit, pasti sudah hilang. Oke, ini memang cuma alibi saya saja sih.

Nah, ternyata solusinya buat orang kayak saya, adalah pakai smartphone yang bisa memasang dua buah SIM card secara bersamaan seperti Samsung Galaxy J5. Apalagi smartphone tersebut sudah mengakomodir jaringan 4G LTE yang super kencang.  Jadi, tak perlu meninggalkan SIM card asli kamu di dalam tas atau dompet — which probably will disappear into thin air.

dual sim samsung j5
Tenang aja mereka berdua hidup rukun dan damai kok…

Selain itu, memiliki slot dual sim, kita juga punya beberapa keuntungan seperti :

  • Hemat pengeluaran di luar negeri
    Punya lebih dari satu operator seluler memberikan kita pilihan tarif dan paket mana yang mau kita gunakan. Contohnya ketika berada di luar negeri. Kita bisa pakai  kartu SIM setempat untuk mengurangi pengeluaran roaming tanpa harus mengeluarkan SIM Anda sebelumnya yang rentan hilang.
  • Punya tujuan penggunaan masing-masing
    Meskipun memiliki 2 nomor, Anda hanya memerlukan satu gadget untuk menjadi wadah bagi keduanya. Anda dapat mengatur sendiri tujuan penggunaan dual SIM tersebut. Misalkan satu nomer untuk personal, dan satu nomer untuk keperluan kerja professional.
  • Menekan pengeluaran.
    Dengan adanya 2 kartu kita lebih leluasa menggunakan penyedia layanan jasa mana yang memberikan tarif lebih murah. Misalkan paketan nomer perdana lebih murah dan banyak bonusnya daripada isi pulsa, kenapa nggak beli itu saja untuk slot ke 2?
  • Tak perlu khawatir sinyal
    Punya dua kartu SIM hampir menjamin gadget anda tidak akan pernah kekurangan sinyal dimanapun. Kecuali kamu sedang main sama dinosaurus di pedalaman amazon sana.

Sekarang mari kita coba dulu jaringan 4G di Samsung Galaxy J5 dengan menggunakan aplikasi speedtest.net

Test jaringan 4G LTE Bolt samsung J5
Test jaringan 4G LTE Bolt

Saya sangat terbantu dengan fitur Samsung Galaxy J5 yang dual SIM ini karena fleksibel dalam penggunaannya. Sedikit tips, kalau SIM yang kedua sedang tidak digunakan, kita bisa menonaktifkannya untuk menghemat penggunaan baterai.

Selama penggunaan, saya juga tidak menemukan masalah seperti sinyal yang tumpang tindih atau interferensi frekuensi dari kedua buah operator yang tertanam di smartphone saya. It works flawlessly. Namun sayang, hanya satu buah slot yang mendukung 4G, slot lainnya hanya mendukung 2G.

Walaupun di SD pulau Maratua ini -- yang mana adalah salah satu pulau terdepa indonesia sinyalnya hanya 2G,-- selfie harus tetep dong :))
Walaupun di SD pulau Maratua ini — yang mana adalah salah satu pulau terdepa indonesia sinyalnya hanya 2G,– selfie harus tetep dong :))

Terima kasih!

Review sebelumnya :

This post is sponsored by Samsung #TunjukkanMomenmu campaign.  All thought are my own.

Samsung J5 review front flash camera

Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi website samsung disini,  twitter @samsung_IDinstagram @samsung_id, atau facebook : Samsung Mobile Indonesia

 

8 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')