Berlin di Akhir Pekan

4

Impresi pertama saya waktu masuk ke kota Berlin adalah : kaku dan dingin. Terlepas dari udaranya yang memang dingin. Bangunan di sini nampak lebih modern dibandingkan Amsterdam. Sangat berkarakter industrial.

Namun ternyata pada waktu akhir pekan, Berlin tiba-tiba menghangat. Yang biasanya tak ada senyum di kereta bawah tanah, tiba-tiba mereka berubah menjadi nampak ramah.

Beberapa membawa anjing-anjingnya yang sepertinya belum mandi beberapa bulan di dalam kereta. Saya harus sedikit menahan nafas.

Kereta U-Bahn menuju bawah tanah sangat ramai. Semua orang menuju tempat yang sama : Mauer Park. Taman ini memang taman biasa di hari biasa, namun di akhir pekan taman ini berubah jadi pasar kaget yang menjual banyak barang-barang unik!

Penjual keramik di dalam Mauer Park

Ada yang berjualan makanan, pakaian, barang antik, furniture, dan macam-macam lainnya. Mirip seperti chatucak weekend market di Bangkok, Thailand.

Namun buat kebanyakan orang Jerman, mereka kesini selain mau belanja, banyak juga yang hanya ingin bersantai di taman.

Ada bukit di bawah stadium depan pasar

Di Jerman, minggu adalah hari istirahat. Betul-betul istirahat. Bahkan toko pun kebanyakan tutup. Mereka betul-betul memisahkan antara kerja dan istirahat. Saat bekerja betul-betul serius, saat istirahat pun demikan. Katanya sih ini memang peraturan dari pemerintah.

Mungkin saja kalau ada perusahaan yang mengirim email pekerjaan di hari minggu bisa jadi dituntut sama para pekerja disini ya?

Tenda-tenda putih itu adalah Mauer park
Bersantai di depan lapangan basket kecil
Di puncak bukit ada trek lari yang mengitari stadion

Setelah dari Mauer Park, saya berjalan menuju Museumplein (museum square) dan menemukan banyak Berliner sedang bersantai. Hari ini matahari memang terik, tapi suhu masih tetap dingin. Namun memang jauh lebih hangat daripada hari sebelumnya yang tak ada matahari.

Berjalan sekitar Museumplein

Saya berkeliling Berlin dengan kereta U-Bahn (underground train) dan S Bahn (kereta di atas tanah seperti commuter line). Uniknya dari sistem kereta di Jerman adalah tak ada gerbang untuk ‘tap’ masuk ke peron. Masuk ya masuk saja. Ada tiket maupun tidak. Tapi kalau nanti kena random check tidak punya tiket, siap-siap aja di denda besar!

Postdam Station

Lengkapnya nonton video saya saja ya dibawah ini!

 

4 COMMENTS

  1. Salah satu kota yang pengen banget gue datangi, nih! Kalau ke sana mesti ada pas weekend ah.
    Btw sistem tiket keretanya mirip di Athena ya Wir, random check gitu:D

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')