• Skip to main content
  • Skip to primary sidebar

Wira Nurmansyah

Inspiring Indonesia to Travel the World

  • Home
  • About
  • Indonesia
  • World
  • Tips
  • Review
You are here: Home / Thought / Fuji Superia, nice color!

Feb 12 2010

Fuji Superia, nice color!

Katanya sih kalau kita lagi bosen motret pake digital, cobalah sekali – kali motret pakai kamera film. Dengan keadaan seperti itu akhirnya saya meminjam kamera film teman saya mira. Ya, kamera rusia zenit dengan lightmeter yang udah tidak nyala lagi akhirnya saya isi dengan fuji superia yang dibeli seharga 23 ribu di dayeuhkolot ( mahal banget ya, di pasar baru masih belasan ribu). Akhirnya dengan menggunakan feeling dan sunny f/16 rule serta sedikit “nyontek” dari matrix metering si nikon, saya berhasil memenuhi dua buah rol film.

| Foto ini luar biasa tajam hasil scannya, rel sekitar braga |

Kamera digital untuk kepraktisan, tetapi kamera film untuk kepuasan…

Setujukah dengan ungkapan di atas? Kalau saya sendiri memang sependapat dengan pernyataan itu. Yah , walaupun hasilnya memang jelek biasa banget tetapi entah mengapa ada kepuasan sendiri saat film itu sudah menjadi sebuah foto.

Hemm, tetapi memang prosesnya bisa jadi lebih mahal dari kamera digital. Kalau dihitung-hitung, satu buah rol akan menghabiskan sekitar 40 ribu sampai jadi bentuk CD yang isinya film yang sudah berbentuk digital alias di scan.

Foto – foto dibawah ini, semuanya pakai fuji superia. Bintik-bintik putih karena scannernya kurang bagus. Karena ketika saat saya print langsung dari film negative-nya, hasilnya sangat bagus. Hasil scan sekitar 12 Megapixel sudah sangat cukup menurut saya. Bahkan sudah melebihi nikon d40 saya hahaha..

Written by wira · Categorized: Thought, Travel Story · Tagged: superia zenit

Reader Interactions

Comments

  1. MSG says

    12 Feb ’10 at 16:27

    Bintik2 putih di fotonya semakin menambah kesan dramatis!!

    Reply
  2. MSG says

    12 Feb ’10 at 16:28

    Bintik2 putih di fotonya semakin menambah kesan dramatis!! Foto jg kelihatan jadoel, tp gpp tetap berseni foto2nya

    Reply
    • Wira says

      12 Feb ’10 at 22:47

      Wah terima kasih mba, flickr nya bagus2. Ada yang di yosemite pula, bikin iri aja..hehehe :lol:

      Reply
  3. intan rawit says

    13 Feb ’10 at 01:24

    Wah keren juga ya pake kamera film. artistik banget tuh. Kesannya nyeni dan jadul, wuiihh boleh juga nih. Tapi kok repot yah, ndadak beli roll film dan nyecan segala, hehe..
    .-= intan rawit´s last blog ..Kenapa ga boleh makan babi? =-.

    Reply
    • Wira says

      13 Feb ’10 at 04:26

      iya emang repot mba, tapi puas gitu loh :lol:

      Reply
  4. mira says

    13 Feb ’10 at 04:49

    ih zenitku emang super ganteng!

    Reply
    • Wira says

      13 Feb ’10 at 04:53

      owww…mira makasih aku emang ganteng!

      Reply
  5. geblek says

    13 Feb ’10 at 05:13

    pengen lomo euy
    .-= geblek´s last blog ..Selamat Datang Jaman Batu =-.

    Reply
  6. awiem says

    13 Feb ’10 at 11:09

    asik pool bro… cieee hunting berduaanya ya, suit-suiiiiit ^_^
    .-= awiem´s last blog ..Kali ini, kontemplasi Tentang hujan… =-.

    Reply
  7. daru says

    13 Feb ’10 at 14:51

    ga ngajak2…
    .-= daru´s last blog ..Evaluasi 2009, Resolusi 2010 =-.

    Reply
  8. Wira says

    13 Feb ’10 at 15:57

    udah lama bangett ini om..hehehe

    Reply
  9. awiem says

    14 Feb ’10 at 00:18

    oh ya bro, pake lensa tele berapa…

    Reply
  10. Wira says

    14 Feb ’10 at 14:23

    cuma pake 70-200 om.. :D

    Reply
  11. awiem says

    14 Feb ’10 at 14:53

    70-200 bilang “CUMA” :D

    Reply
  12. hanif IM says

    18 Feb ’10 at 04:41

    wah, hobby mahal, adalah fotografer. hahaha, gak banget buat ane… hehe

    Reply
  13. putri says

    19 Feb ’10 at 00:03

    Kunjungan pertama…
    Salam kenal…

    Nice pict …!!
    .-= putri´s last blog ..Titipan itu berupa……….. =-.

    Reply
  14. maskres says

    25 Feb ’10 at 08:20

    quote / ungkapannya siip banget tuh…bener banget wir…(numpang ambil yak)

    …wah udah ada yang nemenin niy sekarang kalo hunting…nice share bro..

    Reply
    • Wira says

      25 Feb ’10 at 09:00

      ya ditemenin sama anak-anak photoST lah omm… :lol:

      Reply
      • maskres says

        27 Feb ’10 at 01:31

        iya deh tauu

        Reply

Trackbacks

  1. 6 Hal yang sering diperdebatkan fotografer — Wira Nurmansyah says:
    21 Dec ’14 at 18:57

    […] Meskipun sebagian besar kita pada saat ini menggunakan digital, masih ada orang yang tetap berpendirian bahwa kualitas film jauh lebih baik. Memang benar, tetapi jika kamera digital menawarkan kepraktisan dan kualitas yang hampir sama, mengapa menggunakan film? […]

    Reply

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')Cancel reply

Primary Sidebar

Follow Us

  • YouTube
  • Instagram
  • TikTok

Popular Post

  • 5 Kejanggalan dalam Pendakian Film 5cm
  • 6 Rekomendasi Kamera Mirrorless Untuk Pemula
  • Tips Berpakaian di Gunung : Layering System!
  • Memilih Kamera Mirrorless
  • Mendaki Semeru : Catatan Foto Perjalanan

Categories

  • Bali & Nusa Tenggara
  • Beyond Indonesia
  • Camera Review
  • Culinary
  • Europe
  • Flight report
  • Foto Favorit
  • Giveaway
  • Guest Post
  • Hiking & Trekking
  • Hong Kong
  • Hotel & Resort
  • Indonesia
  • Japan
  • Jawa
  • Kalimantan
  • Malaysia
  • Maluku & Papua
  • Media Trip
  • Photo Tips
  • Photoessay
  • Review
  • Saudi Arabia
  • Singapore
  • South East Asia
  • South Korea
  • Sponsored (adv)
  • Sulawesi
  • Sumatera
  • Taiwan
  • Tearsheet
  • Thailand
  • Thought
  • Tips
  • Travel Story
  • Travel Tips
  • Travel Video
  • Workshop

Copyright © 2026 · Altitude Pro on Genesis Framework · WordPress · Log in