Nagoya memang terkenal sebagai kota Industri. Bisa jadi mobil pabrikan Jepang yang sering kamu lihat mondar-mandir di jalan berasal dari sini.

Nagoya juga terkenal sebagai satu-satunya perhentian kereta Nozomi Shinkansen yang punya rute dari Tokyo menuju Osaka.

Jadi, ada apa aja nih tempat wisata di Nagoya yang bisa kamu kunjungi? Simak terus tulisan ini ya gesss!

1. Nagoya Castle

Kastil ini sudah dibangun dari tahun 1615, versi aslinya. Tentu saja sudah hancur beberapa kali, direnovasi, hancur lagi, dan hingga sekarang sudah menjadi museum.

Namun waktu saya ke sini kastil sedang direnovasi dan tidak bisa dimasuki. Saya jadi saya mampir ke istana yang dibuat khusus untuk menjamu tamu raja yang ada di sebelahnya, yaitu Honmaru palace.

Istana dibagi-bagi banyak ruangan yang berbeda. Tamu akan ditempatkan sesuai statusnya. Makin tinggi kasta tamu, ruangan jadi makin mewah. Ditambah hiasan emas, lukisan, ukiran, hingga bentuk plafon yang berbeda.

Kalau kita cuma rakyat jelata, ada ruangan khususnya juga kok. Cuma mungkin cuma bisa dengar suara raja tanpa bisa melihat sosoknya haha!

Alamat : 1-1 Honmaru, Naka-ku, Nagoya-shi, Aichi-ken 460-0031 ; Tiket Masuk ¥500 ; https://www.nagoyajo.city.nagoya.jp/

2. Toyota Commemorative museum of industry and technology

Toyota, sebuah perusahaan otomotif besar dunia ini berasal dari kota Nagoya, prefektur Aichi. Ada beberapa museum Toyota di kota Nagoya dengan tema yang berbeda-beda.

Yang saya kunjungi adalah Toyota Commemorative museum of industry and technology yang berisi tentang sejarah Toyota dari mulai perusahaan tekstil (yes, awalnya bukan otomotif), yang dibagun tahun 1911 sampai menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia.

Foundernya bernama Sakichi Toyoda. Tadinya brand mereka adalah Toyoda, tapi karena Toyota lebih mudah diucapkan, akhirnya Toyoda berganti nama jadi Toyota.

Buat para penggemar mesin, otomotif, ataupun buat kita yang ingin belajar bisa datang ke museum yang dulunya pabrik mobil ini.

[Alamat] 4-chōme-1-35 Noritakeshinmachi, Nishi-ku, Nagoya-shi, Aichi-ken 451-0051 ; [tiket masuk] ¥500
[URL] http://www.tcmit.org/

3. Don Quijote di Sakae

Don Quijote toko segala ada

Tak usah khawatir kalau mencari oleh-oleh di Jepang. Di satu toko ini saja rasanya sudah cukup. Dari mulai snack, baju, hingga barang aneh dan nyeleneh khas Jepang ada di sini.

Betul-betul toko serba ada dan 24 jam pula (nggak semua don quijote, tapi sebagian besar iya). Saya ada video khusus yang membahas toko sederhana ini bisa kamu lihat di youtube.

4. Osu Shopping district

Di tengah kota Jepang biasanya mall itu jarang. Aeon pun biasanya di pinggiran kota. Kalau di tengah kota biasanya berupa jalanan shopping arcade yang banyak sekali punya toko-toko di pinggirnya. Biasanya mobilpun tidak boleh lewat.

Panjangnya tidak tanggung-tanggung, kadang bisa 3 km seperti di Osu shopping district ini. Osu shopping distrik ini sudah ada sejak 400 tahun lalu. Jadi kamu bakal menemukan beberapa bangunan tua dan kuil-kuil di sini.

Alamat : Sakae, Naka Ward, Nagoya, Aichi 460-0008

5. Nagoya Mosque

Buat muslim yang mau sholat, apalagi yang laki-laki ingin melaksanan solat jumat waktu liburan di sini, bisa mampir juga ke Masjid Nagoya.

Masjidnya memang kecil, tapi punya 5 lantai yang dibagi-bagi untuk pria, wanita, dan ruangan lainnya. Mirip seperti masjid Okachimachi di Tokyo.

[Alamat] 2-chōme-26-7 Honjintōri, Nakamura-ku, Nagoya-shi, Aichi-ken 453-0041 [URL] http://nagoyamosque.com/

6. Legoland Japan resort

lego pirate!

Ini amusement park macam universal studios dan disneyland, tapi punya tema lego! Mungkin ukurannya tidak sebesar kedua taman itu, tapi menurut saya atraksinya lebih menyenangkan karena mostly bisa untuk semua umur!

Waktu ke disneyland, saya merasa itu terlalu untuk anak-anak sekali. Kalau di legoland ini saya rasa mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua bisa main ke wahananya. Ukurannya juga kompak jadi tak bikin kaki capek. Saya melihat lebih banyak turis domestik di sini daripada turis mancanegara.

[Alamat] Kinjofutou, Logoland Japan Limited, 2-2-1 Minato, Nagoya-city, Aichi, 455-8605 [Tiket masuk] dari ¥ 3,300 [URL] https://www.legoland.jp/

7. SCmaglev & Railway Park

Tahun 1964 Jepang sudah mengeluarkan shinkansen yang paling pertama mereka dengan kecepatan 210 km/jam.

Beberapa waktu lalu, saya naik shinkansen seri E6 Hayabusa dari tokyo ke hakodate, dengan kecepatan 320 km/jam (gile).

Dan direncanakan pada tahun 2027, kereta yang sekarang masih jadi display di SCmaglev & Railway park Nagoya ini bakal punya kecepatan lebih dari 500 km /jam!

Di museum yang dikelola JR Central ini kita bisa lihat sejarah semua kereta di Jepang dari awal. Mulai lokomotif pertama yang dibuat, hingga kereta dari masa depan seperti si maglev ini. Kereta maglev nantinya bakal melayang di rel pada kecepatan tertentu menggunakan kekuatan magnet. Makanya kereta ini bernama SCMAGLEV (Super Conducting Magnetic Leviation).

Tokyo Osaka yang berjarak 500 km butuh 2.5 jam dengan shinkansen Nozomi. Dengan SCMaglev nanti perkiraan jarak tempuhnya adalah kurang dari satu jam!

[Alamat] 3-chōme-2-2 Kinjōfutō, Minato-ku, Nagoya-shi, Aichi-ken 455-0848 [Tiket Masuk] ¥1,000
[URL]
https://museum.jr-central.co.jp/

8. Nagoya Public Aquarium

Free willy

Port of Nagoya public aquarium ini adalah yang terbesar di Jepang. Di sini ada lumba-lumba, ubur-ubur, penyu, bermacam ikan dan yang paling terkenal di sini adalah paus pembunuh orca dan paus beluga!

[Alamat] 1-3 Minatomachi, Minato-ku, Nagoya-shi, Aichi-ken 455-0033 [Tiket masuk ] ¥2,000 [URL] http://www.nagoyaaqua.jp/

9. Flight of dreams

787 dreamliner

Seperti yang kita tahu, nagoya adalah salah satu kota industri di Jepang. Selain banyak pabrikan otomotif, banyak juga pabrikan parts pesawat yang juga dibuat di Nagoya.

Sebagian besar parts dari Boeing 787 dibuat di Nagoya. Karena alasan itulah boeing menyumbangkan prototipe 787 ke centrair dengan paling pertama ini untuk dijadikan taman bertema aviasi ini!

Ada flight simulator di kokpit sungguhan, visualisasi proyeksi dari Teamlab di bagian bawahnya, dan tentunya hangar ini disulap menjadi foodcourt yang bernama Seattle Terrace. Seattle adalah kota kelahiran Boeing. Jadi di sini banyak makanan khas dari sana dan tentunya ada Boeing Official Store yang menjual berbagai merchandise.

Jaraknya hanya 10 menit berjalan kaki dari area check in Chubu International Airport kok. Jadi jangan sampai kelewatan yah!

[Alamat] 〒479-0881 Aichi, Tokoname, Centrair Airport, 1 Chome−1[URL] https://flightofdreams.jp/en/

10. Menonton Sumo di Dolphin Arena!

sumo!

Ada sebuah arena sumo bernama dolphin area di tengah kota Nagoya. Jadwalnya mengikuti jadwal turnamen tahunan yang bisa kamu lihat di website official sumo jepang. Jadinya tidak setiap saat bisa kamu ikuti.

Rame banget! Pas saya nonton dapet kursi yang paling belakang (4900 yen), jadi harus pakai lensa tele 200 mm buat dapat foto diatas. Kalau mau yang agak depan lebih mahal bisa 20,000 yen lebih.

Sumo ini tradisi olahraga yang populer di Jepang. Jadi buat yang pengen berbaur dengan lokal, menurut saya menonton sumo ini adalah pengalaman yang cukup unik.

So itulah sedikit things to do di Nagoya, di post berikutnya akan ada beberapa tempat di sekitar Aichi prefektur untuk daytrip dari Nagoya.

Stay tuned dan cek juga channel saya di youtube yah!

1 COMMENT

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')