Sayangnya, sekarang Rakum dan Semeru udah jadi kayak camping ground yang gak tertata baik. Regulasi kebijakan baru juga belum berjalan, soal quota. Katanya di-quota seperti Gede, eh tapi masih tetap aja penuh dan berdampak buruk buat ini gunung. Soalnya, nggak banyak pendaki yang responsible ketika berada di sana. :'( Hiks… (tiba-tiba inget antrian summit attack yang udah kayak antri kurban Idul Adha) :'(
Sayangnya, sekarang Rakum dan Semeru udah jadi kayak camping ground yang gak tertata baik. Regulasi kebijakan baru juga belum berjalan, soal quota. Katanya di-quota seperti Gede, eh tapi masih tetap aja penuh dan berdampak buruk buat ini gunung. Soalnya, nggak banyak pendaki yang responsible ketika berada di sana. :'( Hiks… (tiba-tiba inget antrian summit attack yang udah kayak antri kurban Idul Adha) :'(
Aku ngalamin nih kak ayu, pas summit attack antri puaanjaaan bener karena pas libur isa almasih klo ga salah.
saya merindukan saat-saat ranu kumbolo begitu hening, saat bunyi angin bermain di antara bebukitan. foto-fotomu membangkitkan kerinduan itu lagi.
masih beruntung bisa menikmati ranu kumbolo yang senyap beberapa tahun yang lalu euy