Agar Tetap Sehat Dan Imun Kuat, Lakukan 7 Hal Mudah Ini!

5
Yuk sehat yuk biar bisa makan-makan dan jalan-jalan terus!

Buat orang yang sering traveling seperti kamu, mendatangi tempat dengan iklim, cuaca, dan zona waktu yang berbeda itu pasti tantangan berat buah tubuh.

Sakit sedikit, langsung kacau balau deh semua rencana liburan.

Sebetulnya rahasia supaya tubuh tetap sehat itu simpel : punya imun yang kuat! Imun atau daya tahan tubuh ini penting sebagai penjaga tubuh dari gangguan luar seperti virus.

Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang, kalau kondisimu drop, bisa repot urusannya!

Nah biar sistem kekebalan tubuh kamu tetap terjaga, coba deh lakukan hal mudah berikut!

1. Istirahat yang cukup, tambahkan jumlah jam tidur.

Tidur yang cukup, nggak kurang dan nggak lebih.

Jangan mentang-mentang work from home, kerja dari rumah, kamu cuma rebahan aja sambil streaming puluhan film seharian, terus ketiduran sampai lupa hari dan tanggal.

Kurang tidur jelas menyebabkan tubuh jadi gampang sakit. Tapi kebanyakan tidur juga gak bagus loh, bisa menyebabkan penuaan dini dan berat badan naik!

Menurut National sleep foundation, jumlah jam tidur orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. Kalau tidur kamu kurang dari itu, coba deh ditambahin biar badan tetap bugar dan bahagia setiap hari.

Bahkan, pura-pura bahagia juga butuh badan yang bugar loh! *ups

Saya biasanya tidur 5-6 jam sehari karena sering mengedit video sampai malam. Tapi mulai saat ini, sepertinya saya akan menambah 1 hingga 2 jam untuk waktu tidur (ehm, ingat umur bang..).

Saatnya mengamalkan potongan lagu Rhoma Irama : Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. ~

2. Nggak usah mikir aneh-aneh biar nggak stress

woles aja ~

Kurang-kurangin juga aktivitas di sosmed yang gak perlu.

Apalagi kalau kamu punya grup-grup whatsapp yang sering sebar berita yang gak jelas. Mending tinggalin aja deh. Bikin pening!

Karena kalau kita makin stress, itu bakal ngaruh ke sistem imun kita juga. Kamu tahu sel darah putih kan? Sel darah putih ini adalah salah satu ‘penjaga’ tubuh kita dari semua gangguan luar.

Kalau kita stress, bakal ada hormon kortisol yang muncul dan mengganggu kerja si sel darah putih. Itulah sebabnya stress bisa bikin tubuh gampang sakit.

Oh iya, jika kamu merokok hormon kortisol ini juga akan muncul loh, jadi buat perokok kurang-kurangi juga merokok biar sehat ya!

3. Tingkatkan metabolisme

Makanan yang kita makan diproses tubuh jadi energi untuk kita hidup. Proses ini akan semakin efisien jika metabolisme kita bagus.

Buat yang mau menjaga kesehatan (dan berat badan), tentunya wajib hukumnya punya metabolisme yang paripurna.

Untuk melancarkan metabolisme, selain berolahraga kamu juga bisa mengonsumsi makanan tertentu seperti sarang burung walet.

Saat traveling ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, saya sempat mencoba sarang burung walet di program sehat realfood royal wellness.

Program ini berdurasi selama minimal 12 hari dan sangat merasakan hasilnya.

Badan tetap terjaga kondisinya walaupun aktivitas padat dari pagi hingga malam setiap hari.

Jadi di program ini saya diharuskan untuk mengonsumsi minimal 12 botol sarang burung walet berukuran 70 ml selama 12 hari.

Ukurannya kecil karena ini adalah konsentrat, kandungan birdnest-nya lebih banyak jadi lumayan padat teksturnya.

Kandungan glikoprotein dan asam sialat dalam  sarang burung walet bisa membantu menyokong sistem imun, mempercepat proses regenerasi sel, serta membantu menjaga sistem pencernaan, dan tentunya menjaga metabolisme tubuh

Tak perlu khawatir karena program sehat Realfood ini jelas tanpa bahan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna.

Produk ini juga disupervisi oleh ahli gizi dan dijamin halal. Jadi aman banget buat dikonsumsi setiap hari. Rasanya enak berasa lagi ngemil!

4. Konsumsi ragam makanan penguat imun tubuh

Sistem imun kita tidak bisa dibangun dengan instan. Harus ada konsistensi mulai dari yang kita konsumsi dan aktivitas yang kita lakukan.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, kurangi goreng-gorengan, kurangi makanan instan,  dan konsumsi multivitamin bila perlu.

Untuk asupan vitamin C biar tidak gampang terkena flu, saya biasanya makan kale, paprika, atau brokoli. Kalau tidak begitu suka rasa sayuran, bisa di jus bareng buah kok. Asal jangan ditambah gula yang berlebih yah!

5. Olahraga rutin

olahraga berjalan kaki keliling komplek juga cukup.

Tidak perlu ke gym buat yang pengen olahraga. Tidak perlu juga olahraga berat seperti lari marathon. Cukup jalan-jalan sekitar komplek di pagi atau sore hari.

Yang penting dilakukan konsisten. Seperti tiga kali seminggu misalnya.

Kalau sedang tidak mungkin keluar rumah, coba saja olahraga ringan yang bisa dilakukan dalam ruangan. Mulai dari peregangan tubuh, plank, push up, sit up, naik turun tangga, atau sekedar mengangkat galon.

Kuncinya adalah : move more!

6. Berjemur di bawah sinar matahari

panas cuy

Sinar matahari pagi punya kandungan vitamin D. Apalagi udara pagi itu kan segar banget daripada cuma rebahan dalam kamar. Syukur-syukur bisa sambil olahraga.

Boleh juga oleskan sedikit sunblock. Kamu cuma butuh 10-15 menit dibawah sinar matahari buat dapat siraman vitamin D ini kok.

Tenang aja nggak bakal keling kayak kulit saya. Kalau ini sih efek kebanyakan bolak-balik ke Bali dan Raja Ampat aja dududu~

7. Be Happy, tertawalah!

Kalau kata Warkop DKI, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!

Ternyata, tertawa tak hanya bikin membuat kita senang, tertawa juga berguna bagi kesehatan loh!

Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik.

Hormon yang sama kalau kita sedang jatuh cinta. ❤️

Makin kita jaga kebahagiaan kita, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Nah mudah kan? Jadi mari lakukan hal-hal di atas sedikit demi sedikit. Mari awali hidup sehat mari kita mulai dari…sekarang!

5 COMMENTS

  1. Bang bagi relfood sarang burungeeeee, eh pantesan lu pelor ya, kejar target 9jam. Aku malah beberapa jam aja sekarang tidurnya, gak bisa kayak dulu bisa sampe 8jam

  2. Kebiasaan baru setelah WFH: rajin berjemur setiap jam 9/10 pagi. Kebiasaan yang dulu bahkan tak sempat dilakukan.

    Tips No. 2 bener banget. Kurang-kurangin memikirkan hal yang tidak penting, terutama yang tidak memberikan efek positif.

    Dan, kemarin baru saja nyobain RealFood yang Forever Young. Rasanya enak. Tidak eneg. Tubuh berasa semakin fit, tentu saja dengan diimbangi olahraga, istirahat cukup, banyak minum air putih, dan (lagi-lagi) berjemur. Tapi belum menemukan manfaat yang signifikan ke kulit sebenarnya (seperti yang diklaim beberapa influencer). Pengen coba yang Forever Young+ nantinya.

  3. yang belum dilakukan cuma poin 3 aja sih ini,, eh tapi berjemur juga jarang2, kok males ya? wkwk.. seminggu sekali atau dua kali biasanya..

    -Traveler Paruh Waktu

  4. Point ke-2 ini penting juga, terkadang kita malah kepikiran hal yang seharusnya tidak kita pikirkan, seharusnya bunga jauh-jauh supaya nggak jadi stress.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')