8 Trik dapat Hotel dengan Harga Termurah!

9

Jadi si Uwak saya cerita waktu dia jalan-jalan ke Bandung. Dia nggak dapet hotel karena penuh semua. Uwak saya ini memang nggak ngerti kalau hotel seharusnya di booking dulu, apalagi kalau musim liburan.

Sepupu saya yang membawa mobil pun capek mutar-mutar ke semua hotel penuh semua. Walaupun akhirnya dapat hotel walaupun agak mahal. Bintang lima sih, soalnya yang masih ada kamar kosong cuma yang bintang lima ini dan hotel melati yang nampaknya kurang terawat.

“Kok mahal banget sih mas?” kata Uwak saya kepada resepsionis hotel.

“Iya, Bu, kalau mau agak murah harusnya booking lewat telepon atau online saja lewat traveloka.”

“Kalau gitu sini saya telepon dulu biar murah,”

“……,”

Memang harga hotel itu selalu berubah-ubah. Biasa, strategi marketing. Tergantung kondisi keterisian kamar dan waktu. Kalaupun booking lewat telepon dulu kita harus sebutkan saat di resepsionis siapa cs hotel yang tadi berbicara dengan kita. Karena harganya pasti beda!

Jadi, apa saja trik yang bisa kamu lakukan biar kamu dapat harga termurah? Mari scroll kebawah gaes!

 1. Coba booking hotel bisnis

Sebuah business hotel yang saya tempati di Antwerp, agak horor wallpapernya jadi saya tutupi dengan jaket. :))

Hotel-hotel yang biasa dipakai untuk bisnis biasanya justru murah di weekend dan lebih mahal pada weekdays. Hotel seperti ini memang biasanya tidak didesain untuk rekreasi, tapi memang untuk beristirahat sambil tetap bekerja. Misalnya saja kolam renangnya yang tak akan sebesar hotel biasa.

Waktu saya di Antwerp, Belgia beberapa waktu lalu. Saya mendapatkan hotel bintang 3+ dengah harga 42 euro saja. Sedangkan hostel standar di waktu yang sama adalah 30 euro per bed. Karena saya berdua, per orang jadi hanya bayar 21 Euro! Murah kan?

 

2 . Booking dengan Online Travel Agent

Hotel Courtyard Marriot Nusa Dua
Where is the Mrs?

Kadang kalau orang tua seperti uwak saya memang agak susah kalau apa-apa diminta online. Takut penipuan katanya. Makanya mereka memang lebih prefer jadi walk-in customer. Walaupun dengan resiko yang cukup besar untuk tak dapat kamar.

Saya pun mulai memberi tahu uwak kalau kita booking online dengan traveloka bisa dapat jauh lebih murah daripada telepon maupun langsung datang. Harganya sudah final pula tak perlu ada tambahan macam-macam. Dan bookingan kita sudah pasti terkonfirmasi ke pihak hotel. Kalau ada apa-apa pun tinggal email, telepon, twit, fb ke customer service yang ready 24/7.

Biasanya saya lancar-lancar saja booking dengan traveloka. Namun pada suatu waktu saya ke Singapura, bookingan saya tidak terdaftar di sistem hostel. Saya langsung email ke customer service kalau ada masalah. 10 menit kemudian ada jawaban dari traveloka. Dan 10 menit kemudian resepsionis mengatakan bahwa bookingan saya sudah terkonfirmasi. Harapannya sih tak perlu kejadian seperti ini terjadi lagi.

 

3. Mintalah kamar di pojok gedung hotel

Yuk mojok..

Bukannya saya suka mojok, tapi kalau kata teman saya yang kerja di hotel, biasanya kamar di pojok lebih luas dan view-nya daripada kamar-kamar lainnya.

Jadinya kamu bakal dapet kamar yang lebih luas dengan harga yang sama! Tapi pastikan kamu diam-diam saja, bisik-bisik saja dengan resepsionis hotel. Kalau kamu tahu betul kamarnya memang bagus, coba selipkan selembaran biru atau merah untuk memperlancar (do it at your own risk gaes! :))

 

4. Bilang kalau kamu adalah reviewer (atau travel blogger!)

hotel sheraton bandung
Mendapat kamar bintang 5 gratis? Coba jadi reviewer di Trip Advisor!

Kalau kamu punya good presence di Trip Advisor misalnya, atau punya follower yang lumayan di social media, kasih tau mereka saat check in. Atau di kalau hotelnya email beberapa hari sebelum check in untuk reminder, kamu bisa beritahu mereka di email.

Beberapa kali saya melakukan hal ini saya banyak diberikan beberapa servis plus-plus. Bukan plus-plus yang nganu ya hihi. Tapi mungkin kamu bisa dapat voucher dinner dan spa gratis. Bahkan sampai ditawarkan untuk extend beberapa hari lagi secara cuma-cuma!

 

5. Ikut Loyalty Program dari Hotel, Flight, atau Travel Agent

Jangan lupa selalu update loyalty program kamu

Miles yang diperoleh dari loyalty program maskapai biasanya tidak hanya untuk ditukar terbang kembali, tapi juga untuk hotel.

Hotel punya punya loyalty program, jadi pastikan kamu mendaftar di loyalty program saat sering stay di group brand hotel yang sama. Biasanya sih gratis. Kalau sudah beberapa kali stay, pasti dapat diskon atau malah stay gratis.

Traveloka juga punya loyalty program yang bernama traveloka loyalty poin. Setiap kamu transaksi di traveloka, kamu akan mendapatkan sejumlah poin yang nantinya bisa kamu tukar lagi dengan potongan harga pada transaksi berikutnya. Asik kan?

Intinya sih jangan terlalu banyak ikut loyalty program. Pilih satu atau dua saja tiap jenis. Misalnya maskapai kamu ikut Garuda Miles-nya Garuda Indonesia dan Air Asia Big Poin, nggak usah pula sampai ikutan Kris Flyer Singapore Airlines atau lain-lainnya. Yang ada pointnya gak akan terkumpul maksimal.

Saya hanya stick ke satu airline loyalty program dan pernah mendapatkan tiket gratis PP ke Eropa loh, jadi sudah terbukti kalau kita setia pasti berkah! #ehgimana

 

6. Cek deal dari situs-situs kupon atau kartu kredit

Hotel Courtyard Marriot Nusa Dua Bali
Enyoy yourself

Kadang ada deal dari situs-situs deal seperti groupon. Lumayan banget apalagi kalau kamu lagi pengen stay di hotel bintang lima.

Biasa kan, saya ngerti lah sesama BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita) dengan kalian. Hihih becanda kok!

Jangan lupa juga cek promo dari kartu kredit yang kamu gunakan ya. Apalagi kalau yang cc-nya langsung terkonesi dengan loyalty program maskapai. Banyak banget tuh biasanya promo untuk hotel-hotel juga.

 

8. Tanya deal langsung ke Hotel

Ini juga boleh dicoba. Kalau punya misalnya stay seminggu atau sebulan (mungkin saja), coba langsung telepon pihak hotel. Kalau bisa langsung ke sales managernya. Supaya bisa dapet harga khusus dibawah published rate.

Atau jika kamu memesan untuk kebutuhan kantor (korporat), langsung bilang saja. Biasanya kan pesan banyak tuh, pasti dapatnya harga yang jauh dibawah harga asli!

Siap untuk liburan kamu selanjutnya?

9 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')