Catatan: Foto-foto di postingan ini diambil dengan kamera Fujifilm X-T1 dengan film simulation provia (standard), langsung JPEG, tanpa diedit macam-macam. Kecuali foto kamera di atas diambil pakai Sony A5100 yang saya pakai untuk bikin vlog. *tetep promosi* #eh

Lensa ini adalah alasan satu-satunya saya untuk membeli kamera mirrorless Fuji.

Dari waktu pertama kali saya pakai lensa ini untuk memotret sebuah pernikahan, saya langsung jatuh hati. Lensa ini luar biasa, kalau kamu pengguna fuji dan ada budget yang lumayan, tidak perlu scroll kebawah untuk melanjutkan review. Langsung saja ke toko dan pesan satu buah.

Fuji 16 mm 1.4 review
Pasar Ikan

Mari mulai dulu dengan penamaan lensa ini : Fujinon XF 16 mm f/1.4 R WR

  • Fujinon : Ini brand lensanya Fuji. Seperti Nikon dengan lensa nikkor, Olympus dengan lensa Zuiko, ataupun Canon dengan Canon (gak kreatif nih canon hehe)
  • XF : XFensive (ngarang sendiri, hehe) Lensa fuji yang agak mahal. Kalau yang kit lens dengan body plastik seperti 16-50 kodenya XC
  • 16 mm : Focal length lensa ini fixed. Tidak bisa zoom. Ekuivalen dengan lensa full frame di 24 mm.
  • R : Ada ring diafragma yang bisa langsung kita putar di lensa. Macam lensa jadul tapi sebetulnya ini elektronik, tidak langsung mekanik.
  • WR : Weather Resistant. Tahan air dan debu. Tapi air disini seperti air hujan yang tak terlalu deras atau cipratan saja ya. Tidak bisa diajak nyemplung seperti gopro dengan housing
Fuji 16 mm 1.4 review
Semangka ini jadi makin crispy di f 1.4

Konstruksi lensa ini METAL banget. Iya, maksudnya memang metal betulan bukan dari plastik. Membuat lensa ini terasa mahal dan premium. Kalau lagi di tempat dingin, lensanya jadi ikutan dingin juga.

Terasa nyaman digenggam dan ukurannya pas. Tapi sebetulnya lensa dengan diameter 67 mm dan berat 375 gram ini cukup besar jika dibanding lensa mirrorless pada umumnya. Ini gara-gara diafragmanya yang besar di 1.4 membuat lensa ini menjadi besar. Udah hukum fisika sih, nggak bisa dilawan.

Lensa ini sangat pas jika dipasang di kamera seperti X-T1 atau X-PRO2. Namun kalau dipasang di kamera seperti X-A2 agak keberatan di depan.

Ukuran lensa ini ada diantara lensa 23 mm dan 56 mm. Tak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Feels so solid and like a brick in my hand.

Fuji 16 mm 1.4 review
Warnanya kontras namun tetap subtle tone-nya.

Kecepatan autofokus lensa ini cukup. Namun tidak secepat lensa-lensa baru seperti 35 f/2. Rasa-rasanya ia masih menggunakan motor autofokus biasa yang agak berisik. Memang tidak terlalu terdengar sih. Tapi sangat berbeda misalnya dengan lensa 35 f/2 atau 18-55 yang totally silent. Kalau low light dia agak kepayahan juga. Tapi tetap masih bisa dipakai normal.

Saat merekam video dengan mode AF-C Fuji X-T1, suara motor AF lensa ini terdengar masuk ke microphone. Bunyi srek srek srekkk kkkk. Namun saat saya mencoba di Fuji X-T2, kok suaranya srekk srekk itu jadi hilang ya? Saya akan coba lagi jika sudah ada X-T2 di tangan saya nanti.

Fuji 16 mm 1.4 review
.

Lensa lebar ini punya jarak makro 15 cm. Sangat dekat dan membuat perspektif yang berbeda dibanding foto close up biasa dengan lensa tele.

Saya juga senang memotret makanan dengan lensa ini karena membuat ambience dari lingkungan ikut tertangkap, jadi tidak fokus ke makanan saja tapi juga lokasi.

Fuji 16 mm 1.4 review
jamur kecil
Fuji 16 mm 1.4 review
Pisang goreng keju joss
Fuji 16 mm 1.4 review
baso tahu

Tapi saya menggunakan lensa ini justru untuk memotret orang. Karena saya lebih suka foto portrait yang masih relevan lokasinya daripada portrait yang cuma close up saja. Dan dengan bantuan f/1.4, saya masih bisa mengisolasi subjek dengan background.

Contohnya seperti ini :

Fuji 16 mm 1.4 review
Oke….memang ini tapi jangan selfie dong mang!
Fuji 16 mm 1.4 review
ini
Fuji 16 mm 1.4 review
ini juga bisa
Fuji 16 mm 1.4 review
atau ini
fuji 16 mm review
om-om lewat
Fuji 16 mm 1.4 review
*tutup idung*

Buat motret landscape juga bagus. Panjang fokal 24 mm adalah lensa klasik untuk memotret landscape seperti contoh di bawah ini.

fuji-16-mm-1-4-wr-review-1-20
Pulau Padar
fuji-16-mm-1-4-wr-review-1-38
Buat moto prewedding juga asyik

Beberapa contoh foto lagi yang saya ambil dengan lensa ini :

Fuji 16 mm 1.4 review
.
fuji-16-mm-1-4-wr-review-1-10
.
Fuji 16 mm 1.4 review
.
Fuji 16 mm 1.4 review
.
Fuji 16 mm 1.4 review
.
Fuji 16 mm 1.4 review
.
Fuji 16 mm 1.4 review
.
.
.

Lensa ini sudah cukup tajam mulai dari f/1.4 di bagian tengah, walaupun di bagian pinggir agak soft. Dipakai di f/2.8 atau f/4 tentu lebih optimal dan ketajaman sudah merata. Namun kalau beli lensa ini pasti dipakainya untuk di 1.4 bukan? Hehe.

Overall untuk kesimpulannya kelebihan lensa ini adalah :

  • Super tajam, sudah cukup tajam di f/1.4
  • Kontras tinggi (mungkin bisa jadi kekurangan bagi sebagian orang)
  • Bokeh cantik dan tidak mengganggu
  • Weather sealing
  • Warnanya empuk, renderingnya manis, colorful yet subtle, apalagi dipadu dengan film simulation fuji
  • Ring fokus tinggal ditarik ke belakang untuk manual fokus, dan ada distance scale

Untuk kekurangannya

  • Harga relatif mahal, bisa 13 jutaan kalo di rupiah
  • Autofokus tidak silent dan kurang kencang jika memotret action
  • Sedikit color fringing pada f/1.4
  • Aperture ring terlalu mudah untuk bergerak, kadang gak sadar kita pindah dari 1.4 ke 16 secara tidak sadar.

Untuk saya lensa ini cukup memenuhi kebutuhan walk-around dan saya bisa pakai lensa ini saja untuk memotret saat sedang traveling. Lensa tambahan seperti 35 mm atau 56 mm akan jadi pasangan kombinasi yang manis. Namun ketika saya melihat koleksi foto saya, hampir 80% berasal dari lensa ini.

Lensa yang sangat saya rekomendasikan bagi kamu pengguna fuji.

Terima kasih!

23 COMMENTS

  1. bang lensa macam apa ini bang foto pisang goreng keju aja bisa menang award kayaknya hahaha, btw caption pas foto makanan simple bgt ya hahaha!!

    kapan acara tentang blog yg ada bang wiranya nih?

  2. mas, mohon masukan nya dong. saya baru pemula. kalau saya mau beli body mending ambil Fuji x-t10 atau canon a6000 ya? tujuan nya sih untuk foto landscape aja, yang penting simple dan warna nya tajam. mohon masukan nya ya. terima kasih

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')